Permainan Tradisional Anak Perempuan

Permainan Tradisional Anak Perempuan-Bisa dilihat secara nyata bahwa kenyataannya anak kecil jaman sekarang sudah mulai bermain dengan hal hal yang berbau teknologi sehingga lebih kearah motorik saja, sehingga orang tua disarankan memberikan atau mengajarkan permainan yang baik bagi anak dan jenis permainan yang dapat membuat anak, merangsang kemampuan otaknya, merangsang kemampuan emosional dan sosialnya terutama anak bagi perempuan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa jenis permainan yang dapat memberikan inspirasi bagi orang tua bermain dengan anak perempuan dan sangat sederhana dan, permainan bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok  dibawah ini menurut cahayavitabumin :

 Lompat Tali

Permainan ini sudah tidak asing lagi tentunya, karena permainan lompat tali ini bisa di temukan hampir di seluh indonesia meskipun dengn nama yang berbeda-beda. permainan lompat tali ini biasanya identik dengan kaum perempuan. dengan menggunaka n karet yang dikaitkan dengan karet berikutnya sehingga membentuk tali panjang dan cara permainannya pun berlevel dari terendanh hingga tertinggi. Dan permainan lompat tali tergolong sederhana karena hanya melompati anyaman karet dengan ketinggian tertentu. Jika pemain dapat melompati tali-karet tersebut, maka ia akan tetap menjadi pelompat hingga merasa lelah dan berhenti bermain. Namun, apabila gagal sewaktu melompat, pemain tersebut harus menggantikan posisi pemegang tali hingga ada pemain lain yang juga gagal dan menggantikan posisinya. 

Engklek
Permainan engklek merupakan permainan tradisional lompat–lompatan pada bidang–bidang datar yang digambar diatas tanah, dengan membuat gambar kotak-kotak kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu kekotak berikutnya.

Congkak 
Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.







Bekel
Permainan bekel umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan tapi permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi pada saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.






BEPE atau Boneka Kertas
Jenis mainan ini menjadi mainan wajib anak anak perempuan era tahun 2000 ke bawah.. Bentuknya bermacam macam, ada yang Barbie, Sailormoon, malah Tokoh Disney pun ada.








Masak-masakan
Untuk permainan satu ini untuk  media digunakan mulai dari tanah, yang dicampur air dan dibentuk serta diberi potongan daun, hingga  tanaman yang dipotong-potong dan disajikan hampir seperti masakan aslinya. namun permainan ini lebih rami bila dimainkan bersama teman, ada yang bertindak sebagai juru masaknya ada pula yang bertindak sebagai pencicip.


Masih banyak permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak tempo dulu. baik permainan yang disebutkan diatas. namun bagi kamu teman-teman yang punya permainan favorit tempo dulu , silakan berbagi melalui komentar atau ada masukan mengenai cara bermainya.dari kamu cukupkan jangan lupa pula untuk mengunjungi Nutrisi yang Tepat Tinggi Badan Anak
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment